Cara Melaporkan Penipuan Online Shop di Instagram

Bagaimanakah cara melaporkan penipuan online shop di Instagram? Sebagaimana yang kita ketahui, perkembangan online shop semakin bertumbuh pesat setiap tahunnya. Jika anda membuka media sosial Instagram, anda akan menemukan banyak sekali akun-akun yang berjualan. Dan mungkin saja, anda pernah menjadi salah satu dari pembeli mereka.

Cara Melaporkan Penipuan Online Shop di Instagram

Baca Juga :

Namun yang juga disayangkan, kasus penipuan olshop ig semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data dari Kementerian Kominfo, telah ada 16.678 laporan penipuan pada tahun 2018 yang dilaporkan melalui cekrekening.id. Untuk itu, anda harus selalu waspada setiap melakukan transaksi terutama dengan orang yang baru dikenal.

Ciri-ciri Online Shop Penipu di Instagram :

Membedakan online shop asli dan palsu di Instagram memang harus diteliti secara cermat. Pasalnya, para penipu sudah semakin pintar dalam melakukan aksinya. Tetapi, tak ada kejahatan yang tidak dapat diungkap.

Namun sebagai pencegahan, anda perlu mengetahui beberapa ciri dari online shop Instagram yang terindikasi kerap melakukan penipuan :

  • Followers sedikit atau followers banyak namun minim interaksi.
  • Menampilkan bio yang tidak lengkap.
  • Menampilkan foto atau gambar yang tidak asli atau hasil curian.
  • Memberikan pelayanan kurang ramah dan lain sebagainya.

Cara Melaporkan Penipu Online Shop

Jika saya sudah terlanjur tertipu, apa yang harus saya lakukan? Tentu ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk setidaknya mencegah penipu tersebut pergi semakin jauh dan uang pun kemungkinan besar juga bisa kembali. Setidaknya ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk melaporkan penipuan belanja daring.

1. Lapor Ke Polisi

Cara pertama, anda bisa datang langsung ke kantor polisi untuk melaporkan kejadian yang sedang anda alami. Akan tetapi sebelumnya, pastikan anda mempersiapkan bukti-buktinya terlebih dahulu supaya mempermudah prosesnya. Jangan gugup, ceritakan semua yang anda alami kepada pak polisi untuk diproses lebih jauh.

2. Lapor Ke Bank

Cara melaporkan penipu online shop selanjutnya bisa anda lakukan ke bank. Dengan tujuan memblokir rekening si penipu. Pastikan anda melapor ke bank yang digunakan oleh penipu. Dengan melakukannya, sangat memungkinkan untuk uang bisa kembali ke tangan anda. Setiap bank mungkin punya prosedur yang berbeda-beda ke bank, jadi ikuti sesuai prosedur ya!

3. Lapor ke Cekrekening.id

Mungkin anda pernah punya pengalaman melaporkan penipuan online, tetapi tidak berhasil. Untuk itu, saya menyarankan supaya anda melaporkan penipu tersebut ke cekrekening.id. Situs tersebut milik pemerintah, sehingga sangat kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi.

Untuk melakukannya, Anda harus mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pelaporan. Selain cekrekening.co.id, ada website sejenis yang juga bisa anda manfaatkan yaitu kredibel.co.id

Jangan biarkan penipu untuk terus melenggang bebas dan jangan biarkan semakin banyak memakan korban. Untuk itu, cara melaporkan penipuan online shop seperti di atas perlu untuk anda terapkan untuk setidaknya meminimalisir penipuan yang bakal terjadi. Sekian dan semoga bermanfaat!