Cara Merubah Voice Note Whatsapp Menjadi Mp3

Cara Merubah Voice Note Whatsapp Menjadi Mp3 – Voice note adalah salah satu fitur whatsapp yang sangat bermanfaat dalam membantu kelancaran berkomunikasi via wahtsapp bersama orang lain. Karena terkadang jika mengirim pesan berupa teks kurang begitu sampai terhadap pesan yang dimaksud maka voice biasanya akan digunakan.

Dan terkadang voice note juga dipakai sebagai bahan obrolan yang ditujukan agar tidak membosankan seperti misalnya merekam suara nyanyian, ataupun merekam suara yang penuh dengan momen seru dan yang lainnya sebagainya.

Dan tahukah kamu, bahwa voice note itu bukanlah sebuah file dengan format mp3 ternyata? Seperti format yang ada pada file audio umumnya. Namun voice note di whatsapp adalah berformat “opus“. Apa itu format opus??

Berdasarkan informasi di wikipedia, Opus merupakan sebuah format koding audio yang memiliki kualitas rendah. Untuk format ini sendiri dikembangkan oleh (IETF) Internet Engineering Task Force, yang sangat cocok digunakan pada aplikasi real-time interaktif dengan jaringan Internet.

Bagaimana cara mengubah voice note di whatsapp menjadi format mp3? Pertanyaan seperti mungkin akan kamu pikirkan ketika saatnya kamu sedang membutuhkannya. Entah apa alasannya ingin merubah formatnya, yang pasti pada kali ini kita akan membagikan caranya. Dan untuk cara merubah file opus ke mp3 yang akan kita bahas disini adalah menggunakan aplikasi tambahan supaya lebih mudah dan praktis.

Untuk aplikasi yang digunakan untuk convert opus ke mp3 yang kita gunakan adalah bernama, convert merge opus voice note to mp3 to whatsapp. Untuk aplikasi ini pengembangnya adalah playwfd studio. Jadi jangan salah install, agar bisa sama persis tutorialnya dengan yang saya tuliskan berikut ini.

Baca Juga :

Cara Merubah Voice Note Whatsapp Menjadi ke Format Mp3 :

  • Pastikan kamu telah menginstall aplikasinya melalui google playstore, kemudian jika sudah langsung saja untuk membukanya.
  • Selanjutnya didalam aplikasi convert ini, akan menampilkan daftar voice note yang tersimpan di hp kamu. Sebelum merubah voice note menjadi mp3, maka silahkan cek terlebih dahulu file voice note yang mana yang ingin kamu ubah. Disini kamu bisa memutarnya terlebih dahulu voice note atau rekaman suaranya dengan mengeklik simbol seperti di gambar dibawah ini.
cara merubah file opus menjadi format mp3
  • Jika sudah sesuai, maka lanjutkan dengan memberi tanda ceklis dan kemudian klik pada mp3.
Cara Mengubah Voice Note Whatsapp Menjadi Mp3
  • Selanjutnya ubah nama voice note yang dijadikan ke format mp3, lalu klik Ok.
  • Setelah itu, proses konversinya pun akan berlangsung dan jika sudah akan langsung tersimpan di folder /storage/emulated/0/wsvoice/ 
Cara Merubah Voice Note Whatsapp Menjadi Mp3
  • Selesai. Kemudian kamu bisa langsung memutarnya dan silahkan dilihat juga format pun akan berubah menjadi mp3.
Oke, demikianlah tutorial yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini tentang cara merubah voice note whatsapp menjadi file mp3. Semoga cara diatas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa share ke kawan-kawan yang membutuhkan.

Leave a Comment