Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story Kekinian

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story – Cara membuat instastory keren bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara pembuatannya. Apalagi sekarang ini telah banyak aplikasi yang tersedia di playstore sebagai aplikasi pendukung instagram dalam membuat instagram story. Adanya aplikasi-aplikasi pendukung instagram ini, tentu membuat kita sebagai pengguna bisa dengan mudah membuat story di ig yang unik dan keren secara instan tanpa melakukan pengeditan yang rumit seperti menggunakan aplikasi edit video ataupun aplikasi edit foto profesional di android maupun dengan menggunakan komputer.

Salah satu cara untuk membuat instagram story yang keren dan unik adalah dengan cara membuat foto bergerak. Maksudnya disini bukan seperti halnya wallpaper foto bergerak yang pernah kamu temukan di hp android. Namun hal tersebut agak terlihat berbeda, karena memang nantinya akan terdapat objek yang ingin kita buat diam dan juga terdapat background atau bagian dari foto tersebut yang bergerak. Jadi hal ini bisa kamu aplikasikan jika kamu menggunakan foto kamu sebagai objek diam, dan background atau sekitar objek tertentu yang bergerak.

Baca Juga :

Sebagai contoh saja, kamu sedang duduk berada di samping air sungai misalnya, kemudian ingin kamu buat sungai tersebut menjadi ada gerakannya, dan foto badan kamu tetap dalam kondisi diam tanpa adanya gerakan. Maka jika kamu buat sebagai story di ig akan terlihat keren bagi siapa saja yang melihatnya. Dan untuk cara bikin foto bergerak di instagram story, kita akan dimudahkan jika menggunakan aplikasi khusus untuk membuatnya, karena dalam mengeditnya terbilang cukup simpel dan tak ribet, tinggal kreasikan saja sesuai dengan selera kalian.

Dan untuk aplikasi edit foto menjadi bergerak di android yang kita gunakan disini adalah bernama “zeotropic“, kamu bisa mendownloadnya di google playstore. Zeotropic adalah aplikasi khusus untuk mengedit foto yang semula diam menjadi bergerak. Aplikasi ini juga menjadi aplikasi populer, pasalnya terkadang ada saja orang yang mencari cara membuat video zeotropic di android. Lalu bagaimana cara membuat zeotropic yang nantinya kita buat sebagai instagram story? untuk tutorialnya sendiri bisa kamu simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Edit Foto Bergerak di Aplikasi Zeotropic :

Sebenarnya pada saat pertama kali kamu membuka aplikasi zeotropic, maka kamu akan langsung dihadapkan pada tutorial cara menggunakannya. Namun untuk lebih jelasnya kami tuliskan juga disini tahapan cara membuat foto bergerak di hp android dengan aplikasi zeotropic.
Dan sebelum lanjut ke langkah-langkah membuat foto menjadi beregrak di aplikasi zeotropic, maka alangkah baiknya kamu mengetahui tiap fungsi tools atau alat-alat yang akan kita gunakan untuk pengeditan, yang antara lain adalah sebagai berikut.
1. Alat Gerak : fungsinya untuk menggerakan bagian foto yang diinginkan.
2. Alat Sekuen : fungsinya adalah untuk membuat gerakan sekuensial
3. Alat stabilisasi : fungsinya yaitu untuk membatasi gerakan
4. Alat pilih : yaitu berfungsi untuk menghapus gerakan dan stabilisasi
5. Alat masker : yaitu digunakan untuk membekukan daerah di gambar yabg diinginkan.
Sesuai dengan tools atau alat -alat pada aplikasi zeotropic tadi, maka agar lebih jelasnya seperti apa toolsnya bisa kamu lihat sendiri pada gambar berikut ini sesuai dengan nomor urutan diatas.
Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

Nah, setelah mengetahui macam tools yang ada di aplikasi zeotropic yang nantinya akan kita gunakan untuk merubah foto menjadi bergerak pada area tertentu yang kita inginkan, maka selanjutnya disini kami contohkan tutorial cara membuat foto bergerak pada aplikasi zeotropic lewat hp android. Silahkan kamu simak dan ikuti ya tahapan yang sudah kami tuliskan dibawah ini.
1. Pertama-tama kamu tekan pada bagian layar hp sesuai dengan yang diarahkan seperti pada gambar berikut.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

2. Kemudian, ambil foto yang ingin diedit menjadi bergerak pada menu galeri.
3. Beri nama pada file yang akan kamu edit dan klik simpan untuk melanjutkan

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

4. Jika sudah, foto kamu pun akan langsung muncul dan siap untuk di edit dan dalam langkah awal pengeditan gunakan tools gerak, tentukan arah gerakan dengan cara memilih titik awal dan kemudian menggesernya ke arah bagian foto yang diinginkan. Sebagai gambarannya kamu bisa lihat contohnya berikut ini.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

5. Jika sudah, kemudian gunakan tools sekuen, untuk membuat gerakan sekuensual atau gerakan secara berurutan yang mana nantinya akan terbentuk menjadi sebuah tanda panah bersambung.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

6. Selanjutnya gunakan tools stabilisasi untuk menstabilkan gerakan pada area foto yang dipilih. Tools stabilisasi ini akan disimbolkan dengan tanda titik titik berwarna merah yang mana pada tiap titik yang berdekatan akan saling terhubung dan membuat area tersebut menjadi stabil. Dan untuk cara menggunakan yakni tinggal tekan pada suatu titik dan kemudian seret dan lepaskan dibagian area yang diinginkan.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

7. Jika terdapat bagian yang ingin dikoreksi dari penggunaan tools gerak dan tools stabilisasi, maka gunakan tools alat pilih sebagai cara menghapus bagian yang tidak jadi ingin digerakan. Untuk penggunaan tools ini adalah dengan tekan pada suatu titik kemudian geser ke beberapa titik yang ingin dihilangkan kemudian lepaskan. Setelah itu akan muncul simbol tong sampah, klik ikon tersebut untuk menghapus area atau titik yang dipilih. Dan untuk contoh penggunaanya, kurang lebih akan seperti pada gambar berikut.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story
sumber foto : zeotropic

 

8. Lanjut pada langkah selanjutnya adalah penggunaan alat masker yang mana fungsinya seperti yang telah kamu baca diatas yaitu untuk membekukan area pada gambar atau bagian yang ingin kamu buat diam. Disini kamu tinggal seleksi bagian foto yang mana saja yang ingin kamu buat diam.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

9. Jika tahapan diatas telah kamu lalui, selanjutnya kamu dapat melihat hasilnya nantinya akan seperti apa dengan cara tekan tombol play seperti pada gambar di bawah ini dan kemudian kamu juga bisa mengatur seberapa cepat gerakan pada foto tersebut pada bagian bilah geser yang ada.

Cara Edit Foto Bergerak Zeotropic Untuk Instagram Story

 

10. Pada tahap selanjutnya kamu bisa memaksimalkan foto hasil editan kamu supaya lebih menarik lagi, dengan cara menambahkan teks atau musik ke dalamnya misalnya, hal itu bisa kamu lakukan karena memang sudah tersedia di aplikasi zeotropic.11. Langkah terakhir jika sekiranya sudah cocok, kamu tinggal simpan hasil editan foto yang kamu buat bergerak dengan cara klik tanda titik tiga di pojok kanan atas dan pilih simpan/ ekspor video. Dan jika sudah, file pun sudah siap kamu posting di instagram sebagai story instagram atau instastory yang terlihat keren.

Oke, bagaimana caranya? cukup mudah bukan? silahkan kamu praktekan saja langsung melalui hp android kamu, dan buat lah story menarik di instagram dengan cara edit foto bergerak zeotropic. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga tutorial diatas dapat bermanfaat untuk kamu semua para pengunjung blog ini.