Cara Mengaktifkan Pip Whatsapp di Hp Oppo Dengan Mudah

Sebagai pengguna aktif whatsapp, penting bagi pengguna untuk mengetahui fitur terbaru yang terus bermunculan di whatsapp. Salah satunya yaitu fitur pip whatsapp. Apa itu Pip whatsapp? Whatsapp Pip adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonton video sambil melakukan chatting di whatsapp. 

Seperti pada contohnya yaitu ketika anda sedang chatting dengan seseorang di whatsapp, lalu dikirimkan sebuah link video youtube yang tampilannya terdapat tombol play. Dimana jika anda klik putar video tersebut, maka akan muncul keterangan “video ini berputar dengan gambar-dalam-gambar“. Yang selanjutnya akan terputar videonya dengan tampilan minimize dalam whatsapp.
Dan untuk pengaturan pip whatsapp dari segi tampilannya, hanya ada beberapa tombol dalam video yang diputar, yakni dipojok kanan atas untuk memutarnya dalam mode full screen, dan untuk tanda silang (x) sebelah kiri atas adalah untuk menutup mode video yang diputar, Dan jika anda klik tulisan youtube yang berada pada sebelah bawah kanan layar video, maka akan dialihkan menuju ke situs youtube.
cara mengaktifkan dan menggunakan pip whatsapp di oppo
Baca Juga :
Keuntungan pada saat memutar video youtube dalam mode pip whatsapp, yakni kita tidak akan melihat tampilan iklan yang ada dalam video tersebut, layaknya jika kita memutar video langsung didalam youtube. Jadi bagi anda yang merasa tidak tertarik dengan adanya tayangan iklan dalam video youtube, maka akan lebih nyaman pada saat menonton videonya. 
Selain dari pada itu, pip whatsapp juga bisa terjadi disaat anda sedang melakukan panggilan video atau video call dengan teman di whatsapp. Jadi apabila sedang video call anda tidak perlu menutup layar video call tersebut untuk membalas pesan yang masuk ke whatsapp ataupun ingin melakukan aktifitas lain pada hp android yang anda gunakan. 
Nah, bagi anda yang merasa seperti tidak merasa menikmati fitur pip whatsapp di hp yang anda gunakan, mungkin saja fitur pip whatsapp tersebut belum aktif. Maka anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu lewat menu setelan di hp android yang anda gunakan.
Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial bagaimana cara mengaktifkan pip whatsapp di oppo a3s dan juga oppo f11 pro. Mengapa saya tulis dua tipe hp oppo disini? Karena memang di hp oppo a3s sendiri sekarang sudah tidak tersedia lagi pengaturan untuk aktifkan pip whatsapp.
Oleh karena itu, disini akan kami berikan cara alternatif untuk menggunakan pip whatsapp di hp oppo a3s. Akan tetapi sebelum lanjut ke langkah – langkah mengaktifkannya, terlebih dahulu akan kami sajikan tahapan cara mengaktifkan pip wa di hp oppo f11 pro. Silahkan perhatikan tahapannya berikut ini.
  • Pertama anda tekan dan tahan ikon aplikasi di beranda layar hp oppo f11 pro hingga muncul opsi “info aplikasi”. 
  • Setelah itu, lanjutkan menggeser kebawah dan bisa anda lihat sendiri akan ada menu PIP. Nah, anda tekan menu tersebut dan geser kekanan panelnya untuk mengaktifkan pip whatsapp di hp android oppo yang anda gunakan. 
  • Selesai.
Dan seperti yang sudah saya katakan tadi, untuk di hp oppo a3s jika anda tekan dan tahan pada aplikasi whatsapp -nya dan menekan info aplikasi, maka anda tidak akan menemukan yang namanya fitur pip whatsapp. Oleh karena itu, anda bisa gunakan cara alternatif sebagai pip whatsapp yakni adalah dengan menggunakan fitur split screen di hp oppo a3s. Untuk caranya simak berikut ini.
  • Tahap pertama buka aplikasi yang ada di hp oppo a3s, sebagai contohnya anda membuka aplikasi youtube.
  • Maka selanjutnya, anda tekan dan tahan pada tombol “recent apps” hingga layar hp terbagi menjadi 2 bagian. Dimana nantinya aplikasi youtube yang sudah anda buka akan terdapat dibagian atas layar, dan dibawahnya akan ada daftar aplikasi yang bisa anda buka. 
  • Terakhir anda bisa memilih atau membuka aplikasi whatsapp misalnya untuk dibagian layar yang kedua.
  • Selesai. Dan kini anda bisa chattingan di whatsapp sambil menonton video pada youtube. 
Bagaimana menurut anda, mudah bukan caranya?. Memang sih tidak seperti fitur asli pip whatsapp. Namun setidaknya dengan cara diatas akan mempermudah anda yang menggunakan hp oppo a3s ketika saatnya sedang ingin chat di whatsapp sambil menikmati tontonan video yang ada pada youtube, tanpa harus membuka atau menutup aplikasi whatsapp.  
Oke, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengaktifkan pip whatsapp di hp oppo. Dan bagi anda yang menggunakan hp oppo tipe lain seperti misalnya tipe oppo a5s, oppo a7, f7, f9 atau yang lainnya hingga kini kami belum mengetahuinya secara pasti akan fitur pip whatsapp pada hp tersebut. Ataukah sudah bisa diaktifkan secara langsung atau belum. Dan bagi yang ingin menambahkan, bisa tulis saja pada kolom komentar yang sudah disediakan dibagian bawah artikel ini. Terimakasih..