Format Video Yang Bisa Di Upload Di Instagram

Siapa yang tidak tahu dengan Instagram? Media sosial yang sekarang paling banyak digemari oleh orang-orang ini memang menghadirkan berbagai fitur yang membuat penggunanya semakin tidak bisa lepas dengan Instagram. Instagram sering dijadikan ajang untuk mengupload foto maupun video terbaik orang-orang. Banyak orang yang rela mengedit foto atau video mereka untuk kemudian di upload ke akun instagram pribadi milik mereka. Hal ini wajar saja karena demi mendapatkan banyak followers dan like di akun instagram pribadi mereka.
format video yang bisa di upload ke instagram
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay 
Salah satu fitur Instagram yang sekarang paling populer adalah mengupload video di Instagram. Banyak berbagai pilihan bagi Anda yang ingin meng-upload video kualitas HD di Instagram. Anda bisa menggunakan fitur insta stories, IG TV, maupun uploadnya di feeds Instagram anda. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips format video yang bisa diupload di Instagram.
Baca Juga :
Tips Upload Video Ukuran Besar Di Instagram
Selain fitur mengupload foto, Instagram juga memiliki fitur untuk mengupload video. Tak hanya di feeds Instagram saja, namun anda bisa mengupload video di instastory ataupun IG TV. Tentunya hal ini dapat memberikan wadah bagi para videografer atau editor untuk mengasah kekreatifan mereka dengan mengupload video di Instagram.
Namun, banyak orang yang mengalami masalah ketika ingin mengupload video di Instagram. Seperti, video pecah-pecah, durasi menjadi terpotong, dan lain-lain. Tentunya anda tidak ingin mengalami hal itu kan? Berikut ini merupakan tips agar Upload file besar di Instagram anda.
1. Video Instastory Instagram
Ketika anda mengupload video di instastory anda, namun hasil yang dapatkan anda dapatkan malah berupa video yang nge blur atau pecah-pecahnya, maka sudah bisa dipastikan terdapat kesalahan di video anda.
Agar bisa membuat video instastory dengan hasil yang maksimal, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi pada video anda. Format video yang paling bagus untuk di upload di instastory adalah MP4 dengan ukuran maksimum file 15 MB, kemudian durasi video maksimal 60 detik,  untuk resolusi atau ukuran video 4:5 (864 x 1080 piksel), dan juga memiliki fps (frame per second) 30 frame.
2. Video IGTV Instagram

Untuk hasil video IGTV yang lebih maksimal, file video yang bisa di upload ke Instagram sebaiknya memiliki format .MP4. Untuk durasi video, minimal 1 menit dan maksimal 15 menit untuk upload lewat ponsel dan 1 jam jika upload lewat web. Untuk ukuran video, anda bisa menggunakan rasio 9:16 untuk vertikal dan 16:9 untuk video horizontal.
Selain itu, video anda harus memiliki 30fps untuk mengupload di IGTV. Sedangkan untuk ukuran file, ukuran file maksimal untuk video berdurasi kurang dari 10 menit adalah 650mb dan ukuran file maksimal untuk video yang berdurasi hingga 60 menit adalah 3,6 GB. Jika ukuran video anda melebihi batas maksimal tersebut maka video tidak bisa di upload Instagram.

3. Video Feeds Instagram
Format MP4 merupakan format yang bagus jika anda ingin mengupload video ke feed instagram pribadi anda. Untuk ukuran video dulu Instagram menggunakan ukuran 640×640, namun kini Instagram sudah menggunakan 1080×1080. Untuk rasio nya tetap menggunakan 1:1. Durasi video yang bisa anda upload di Instagram maksimal 1 menit. Tenang saja, saat ini banyak kok aplikasi edit video yang bisa membantu anda dalam mengubah rasio video menjadi 1:1.
Oke, demikianlah pembahasan mengenai format file video yang bisa diupload ke Instagram. Semoga dengan adanya penjelasan singkat diatas dapat membantu ataupun menambah wawasan anda semua dalam menggunakan Instagram.