Cara Menambah Emoticon Whatsapp di iPhone

 Sudah tahukah Anda cara menambah emoticon Whatsapp di iPhone? Karena bahkan tidak sedikit pengguna iPhone yang ternyata tidak bisa menggunakan emoji di dalam percakapan Whatsapp. Bukan karena tidak ada, namun karena belum diaktifkan atau menggunakan keyboard yang salah.

Karena bukan hanya ada, tetapi Anda bisa menambah emoticon-emoticon menjadi lebih banyak lagi. Sehingga percakapan di aplikasi pesan ini bisa menjadi lebih berwarna dengan beragam pilihan emoji. Bagaimana caranya? Silahkan simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya.

Cara Menambah Emoticon Whatsapp di iPhone

Lanjut BacaCara Menulis Tulisan Latin di WA Tanpa Aplikasi

Cara Menambah Emoticon Whatsapp di iPhone

Sebenarnya menambahkan emoji di WA iPhone tidak jauh berbeda dengan di HP Android. Karena baik iPhone maupun Android sudah dilengkapi dengan keyboard Google yang mendukung emoji bawaan. Hanya saja, tidak semua iPhone langsung menggunakan keyboard dari Google.

Justru sebaliknya, kebanyakan iPhone menggunakan keyboard bawaan meskipun sudah tersedia keyboard Google. Oleh karena itu sebelum mengetahui cara menambah emoticon Whatsapp di iPhone, Anda ketahui dulu cara mengaktifkan opsi emoji ini.

Cara Mengaktifkan Keyboard dengan Emoji di iPhone

Untuk mengaktifkan keyboard yang punya pilihan emoji di iPhone, kamu bisa ikuti langkah di bawah ini.

  • Pertama-tama, masuk dulu ke aplikasi Pengaturan
  • Lalu pilih menu Umum dan cari Keyboard
  • Klik opsi Tambah Keyboard Baru
  • Lalu nyalakan opsi Emoji atau Emoticon dalam keyboard tersebut

Cara Menambahkan Emoticon di WA iPhone

Nah jika fitur emoji atau emoticon sudah diaktifkan, kini akan ada opsi di keyboard dengan simbol wajah tersenyum. Klik simbol tersebut jika Anda ingin menambahkan emoji pada pesan WA.

Bukan hanya di WA, opsi emoticon ini juga bisa Anda gunakan ketika sedang menggunakan aplikasi pesan lain seperti Messenger, DM Instagram, Line, WeChat, dan lain-lain. Jumlah pilihan emoji yang tersedia pun sama di setiap aplikasi pesan maupun di setiap HP iPhone.

Lanjut BacaCara Buat Emoticon dari Foto Sendiri di Whatsapp

Cara Menambah Pilihan Emoji yang Tersedia di iPhone

Nah karena sekarang Anda sudah bisa menambahkan emoticon di dalam pesan, berikutnya kita akan membahas cara menambah pilihan emoji yang tersedia agar jadi semakin banyak.  

Dalam panduan kali ini, kita akan menggunakan aplikasi EmojiDom walaupun ada banyak lagi aplikasi emoji di iPhone yang tersedia. Untuk menggunakan EmojiDom, silahkan Anda ikuti tutorial berikut.

  • Pertama, cari aplikasi EmojiDom di App Store
  • Kemudian bayar dan Install aplikasi, harga aplikasi EmojiDom ini adalah $1,99 atau sekitar 30 ribu rupiah
  • Setelah proses instalasi selesai, masuk ke Whatsapp dan lihat apakah sudah muncul opsi EmojiDom di keyboard Anda

Jika opsi EmojiDom belum muncul, Anda perlu mengaktifkannya dengan cara yang sama ketika ingin mengaktifkan emoji bawaan di iPhone.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, aplikasi EmojiDom ini menyediakan lebih dari 2000 jenis emoticon dalam berbagai macam ekspresi. Bahkan terdapat pilihan lain seperti GIF dan animasi-animasi lucu yang bisa Anda pilih. Dan bukan hanya di Whatsapp, emoticon ini juga bisa digunakan di hampir semua aplikasi pesan singkat lainnya.

Tetapi jika Anda tidak terlalu suka dengan emoji di EmojiDom dan lebih suka emoticon dari tanda baca, Anda bisa pilih aplikasi lain seperti Kaomoji yang tersedia gratis di App Store.

Demikianlah cara menambah emoticon Whatsapp di iPhone dan mengaktifkannya jika belum Anda aktifkan. Khusus untuk emoji bawaan, Anda juga bisa mengatur kata-kata tertentu agar diubah menjadi emoji secara otomatis hanya dengan menekan simbol emoji atau wajah tersenyum di keyboard.

Leave a Comment