Cara Membuat Akun Instagram untuk Anak, Bolehkah?

 Cara membuat akun Instagram untuk anak itu sebenarnya cukup mudah, sama seperti membuat akun Instagram pribadi seperti biasanya. Yaitu download aplikasi Instagram di Playstore atau Apple Store, buka aplikasi, kemudian klik Buat Akun, Anda masukkan username yang diinginkan, lalu masukkan email dan juga nomor telepon. Setelah itu pengguna diarahkan untuk melengkapi data seperti nama dan juga kata sandi, lengkapi info profil tersebut dan jika sudah klik Selesai.


Cara Membuat Akun Instagram untuk Anak


Postingan Menarik :


Cara Membuat Akun Instagram Untuk Anak, Bolehkah?

Sederhana dan mudah memang untuk membuat akun Instagram baru, namun apakah membuatkan Instagram untuk anak sendiri yang masih dalam usia Newborn itu diperbolehkan? Nah, sebelum Anda membuatkan akun instagram untuk anak-anak Anda, maka penting untuk simak penjelasan berikut ini. 

Dikutip melalui laman parentalk.id, Nukman Lutfie, pendiri Lembaga Literasi Media Sosial literos.org, mengatakan, bahwa Facebook, Twitter, Instagram, dan seluruh media sosial sudah membuat aturan bahwa yang boleh membuat akun itu adalah yang sudah dewasa, minimal umur 13 tahun. Jadi, apabila ada yang membuatkan akun untuk anaknya, untuk apa mengelola? Tentu saja Tidak Boleh.

Penjelasan Nukman tersebut memang sesuai dan terbukti ketika Anda membaca Ketentuan Layanan (Terms of Service) Instragram yang berisi :

"Instagram mensyaratkan calon penggunanya berusia setidaknya 13 tahun sebelum mereka membuat sebuah akun. Jika anak Anda berusia kurang dari 13 tahun dan membuat akun Instagram, maka Anda bisa menunjukkan pada mereka cara menghapus akun tersebut"


Masih dalam halaman yang sama dengan TOS di atas, Instagram juga menegaskan penggunanya dapat melaporkan akun dengan pemilik berusia di bawah 13 tahun. Hal ini juga berlaku pada oknum yang membuat akun berkedok sebagai anak dengan usia tersebut (akun palsu).


Media Sosial Dapat Menggangu Hak Privasi Anak

Alasan anak di bawah usia 13 tahun memiliki akun sosial media adalah karena media sosial sendiri dapat membahayakan sang anak. Salah satunya adalah melalui koleksi foto yang dipublikasikan oleh orang tua pada akun khusus anaknya tersebut.

Media sosial itu adalah sebuah media yang diakses oleh seluruh orang di dunia, dan pasti memiliki sisi gelap yang biasanya menyerang anak-anak seperti kaum pedofilia. Lalu ada juga perbuatan kriminal yang berkedok jualan bayi di media sosial. Jangan sampai foto Anak anda digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Untuk di beberapa Negara maju sendiri sudah mulai menerapkan aturan yang melindungi privasi anak. Bahkan, pernah muncul berita ada seorang perempuan asal Austria menuntut orang tuanya karena malu dengan foto-foto masa kecilnya yang ada di media sosial. (Sumber : CBC).


Orang tua sebenarnya boleh mempublikasikan foto anak, asalkan tidak menggunakan akun pribadi atas nama anak dan juga jangan terlalu sering. Setidaknya orang tua perlu paham akan bahayanya sosial media untuk sang anak. 

Nah, sekian pembahasan tentang pembuatan akun instagram untuk anak-anak, semoga dapat dimengerti oleh pembaca sekalian, dan pastikan tetap gunakan media sosial secara bijak. 


0 Response to "Cara Membuat Akun Instagram untuk Anak, Bolehkah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel