Cara Membuat Read More Manual di WhatsApp 100% Work

Dengan cara membuat read more manual di WhatsApp, Anda bisa mengatur tulisan yang ingin ditampilkan di bagian pembuka atau paling utama pesan. Kemudian menyembunyikan sisanya di bagian bawah dan hanya bisa dibaca jika penerima pesan menekan tulisan read more atau baca selengkapnya pada pesan whatsapp Anda.

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis jika pesan Anda terlalu panjang tulisannya. Sebab WhatsApp memiliki batasan pesan khusus yang bisa ditampilkan dalam satu balon pesan di aplikasi. Sehingga ketika pesan pertama kali terlihat, tidak terlalu memakan banyak ruang pada tampilan di chat whatsapp. 
cara membuat read more manual di whatsapp

Tapi jika Anda ingin mengatur sendiri bagian mana yang ingin bisa terlihat dan bagian pesan mana yang ingin disembunyikan dibalik tulisan read more, ternyata bisa saja dilakukan, meskipun harus menggunakan trik tertentu. Dengan begitu, Anda bisa jadikan pesan tersebut sebagai pesan untuk ngeprank teman di whatsapp, agar membuat chatting di whatsapp makin seru. 
Dan selain bisa dituliskan pada sebuah chat pribadi di whatsapp, kita bisa membuat tulisan baca selengkapnya secara manual pada grup whatsapp. Sehingga nantinya orang-orang yang membuka pesan whatsapp tersebut, kena prank dari adanya tulisan baca selengkapnya yang jika di klik, ternyata hanya tertulis beberapa kalimat saja. 
Menarik Dibaca :

Cara Membuat Read More Manual di WhatsApp

Untuk Anda yang ingin membuat pesan yang dibagi dengan tulisan read more secara manual, silahkan gunakan situs bernama Dardura yang bisa ditemukan melalui pencarian Google. 
Situs ini dibuat khusus untuk membagi pesan di WhatsApp dan menyesuaikan mana pesan yang ingin ditampilkan sebelum read more dan mana pesan yang ingin disembunyikan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti langkah di bawah.
  • Pertama-tama, kunjungi situs Dardura di browser HP maupun PC.
  • Kemudian ketik pesan yang ingin Anda tampilkan di balon percakapan dalam kolom Kata Depan
  • Sekarang ketik pesan yang ingin Anda sembunyikan di balik tulisan read more dalam kolom Kata Belakang (Tambahkan spasi di awal sebelum menulis)
cara membuat tulisan baca selengkapnya di whatsapp
  • Jika sudah, sekarang klik Buat
  • Langkah selanjutnya adalah menyalin seluruh teks yang sudah di-convert oleh situs ke aplikasi WhatsApp. Kemudian langsung kirim seperti biasa sebagai pesan di whatsapp dan pesan Anda pun sekarang sudah tertutup sebagian di balik tulisan read more.
cara membuat read more di whatsapp
Situs ini juga bisa digunakan untuk pesan sesingkat apapun. Baik itu hanya puluhan kata maupun ratusan kata. 
Itulah dia cara membuat read more manual di WhatsApp dengan situs Dardura. Situs ini bisa bekerja dengan lancar baik menggunakan aplikasi browser di laptop, PC, Android, iOS, atau platfrom apapun yang Anda miliki.