4 Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram di Home / Beranda

Pernahkah Anda menemukan postingan yang disarankan pada akun Instagram Anda? Jika hal tersebut membuat Anda tidak nyaman, maka ada beberapa cara menghilangkan postingan yang disarankan di Instagram dengan mudah. Baik itu untuk menghilangkan postingan yang disarankan pada di beranda instagram atau di home instagram maupun pada menu pencarian explore instagram. Sebelum itu, kita bahas terlebih dahulu penyebab suggested post atau saran postingan ini dapat muncul di akun Instagram Anda.

cara menghilangkan postingan yang disarankan di home instagram

Menarik DisimakCara Menghapus Arsip Sorotan di IG yang Tersimpan

kenapa muncul suggested di search atau home instagram?

Sebenarnya, suggested post ini ada dan muncul karena Anda sering melihat ataupun mencari sesuatu yang berkaitan dengan postingan tersebut. Sebagai contoh ketika Anda sering melihat postingan mobil dan otomotif di Instagram, atau ketika Anda mencari foto dan video nuansa otomotif. Maka postingan yang disarankan pada akun Instagram Anda adalah hal terkait otomotif dan mobil. Dan suggest post itupun akan secara otomatis akan muncul di timeline instagram atau beranda instagram Anda. 

Salah satu fitur yang dibuat oleh Instagram ini sebenarnya cukup bagus dan bekerja, jadi Instagram bisa menampilkan berdasarkan apa yang pengguna suka untuk kemudian ditampilkan pada postingan yang disarankan. Sehingga pengguna dapat melihat postingan dengan kategori terkait yang pernah pengguna cari atau sukai. 

Namun, ada beberapa orang mungkin termasuk Anda yang terganggu dengan fitur tersebut. Karena yang akan muncul di beranda seputar itu-itu saja, seperti misalnya hanya seputar Kpop atau yang lainnya, namun kini Anda telah bosan dengan hal tersebut. Maka ketika saatnya merasa fitur tersebut mengganggu, maka Anda bisa menghilangkan postingan yang disarankan untuk beberapa waktu kedepan.

Simak JugaCara Mudah Melihat Tampilan Instagram iPhone di Android

1. Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram

Untuk ulasan lengkapnya perihal cara menghilangkan postingan yang disarankan pada Instagram tersebut, berikut bisa Anda simak ulasannya di bawah ini :

  • Buka akun Instagram Anda.
  • Lalu buka kolom pencarian dan klik pada kolom inputan pencarian.
  • Setelah diklik, akan muncul riwayat akun yang pernah Anda kunjungi. Silakan klik tanda silang yang ada disampingnya untuk menghapus.
Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram
  • Setelah sudah berhasil dihapus, maka kini postingan yang disarankan Instagram sudah berhasil dihilangkan.

Setelah seluruh riwayat pencarian akun Anda sudah dihapus, kini Anda bisa melakukan cara selanjutnya yaitu untuk menghapus Top Search di Instagram. Cara ini bisa dilakukan dengan cara menghapus riwayat pencarian di instagram versi terbaru. Berikut Anda simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

2. Cara Menghapus Seluruh Riwayat Pencarian Instagram

  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Lalu klik profil Anda yang ada di pojok bawah kanan, kemudian klik ikon tiga garis yang ada di pojok kanan atas.
  • Klik Pengaturan, dan kemudian klik Keamanan.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan menu Riwayat Pencarian, klik menu tersebut.
Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram
  • Setelah itu klik Hapus Semua.
  • Akan muncul peringatan, klik saja Hapus Semua.

3. Cara Menghapus Postingan Yang disarankan di Beranda Instagram

Ketika Anda bosan dengan tampilan akun instagram yang sering eksis pada beranda instagram milikmu, maka mau tak mau bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini. 
  • Pertama-tama klik pada salah satu postingan di beranda akun instagram Anda, disini Anda bisa cari dengan scroll layar kebawah dulu mana yang sekiranya ingin dihilangkan postingannya.
  • Setelah itu klik pada tanda titik tiga yang berada disebelah kanan nama instagram, kemudian klik senyapkan. 
Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram
  • Dan selanjutnya akan muncul pertanyaan klarifikasi untuk mensenyapkan akun instagram tersebut, klik saja pada tulisan “senyapkan postingan” maka secara otomatis jika ini Anda lakukan maka postingan dari akun tersebut baik itu, story atau postingan akan disenyapkan dan akan hilang dari beranda instagram Anda. 

4. Cara Menghilangkan Suggested Post / Konten Explore di Instagram

Ketika di menu pencarian instagram Anda banyak terlihat postingan konten-konten baik itu foto maupun video yang sudah tidak lagi Anda sukai, maka Anda bisa membersihkan eksplore instagram dengan cara sebagai berikut :

  • Masuk ke menu pencarian instagram
  • Klik pada salah satu postingan yang muncul yang tidak Anda sukai, kemudian tekan tanda titik 3 di sebelah kanan nama atau username instagram-nya, lalu klik tidak tertarik.
Cara Menghilangkan Postingan yang Disarankan di Instagram
  • Maka setelah itu, postingan pun akan langsung disembunyikan dari beberapa tampilan di menu pencarian akun instagram Anda.
Dan jika Anda ingin agar semua konten terkait yang tidak Anda sukai tidak muncul lagi nantinya di menu pencarian instagram, maka lakukan langkah-langkah seperti di atas lagi, lakukan pada setiap postingan yang muncul agar nantinya lama kelamaan postingan kategori seperti itu tidak lagi ditampilkan. Karena cara ini memang tidak akan langsung menghilangkan semua kategori terkait, akan tetapi sedikit demi sedikit nantinya akan hilang seiring berjalannya waktu. 

Nah, jadi itu saja 4 cara menghilangkan postingan yang disarankan atau suggest post di instagram kita sendiri. Ketika semakin Anda sering melakukan penghapusan riwayat pencarian, maka semakin jarang pula Anda akan menemukan postingan yang disarankan di Instagram. Semoga bermanfaat.