5 Cara Mengetahui Akun Instagram Penipuan Atau Tidak

Demi menghindari penipuan ketika transaksi online, Anda perlu tahu cara mengetahui akun Instagram penipu atau tidak. Sebab hingga saat ini, masih banyak akun-akun Instagram penipu yang jika dilihat dari profilenya sangat meyakinkan.

Bahkan demi mengelabui calon korban, akun online shop di Instagram ini memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut. Mereka juga memasang testimoni-testimoni dari para pelanggannya yang ternyata palsu.

Belanja di Instagram memang sangat mudah dan terkadang harganya bisa lebih murah dibandingkan belanja di aplikasi toko online lainnya. Tapi jika tidak ingin dikelabui, baiknya Anda kenali apa saja ciri akun Instagram penipu.


cara mengetahui akun instagram penipu atau tidak

Menarik Disimak :


Cara Mengetahui Akun Instagram Penipu

Seperti yang dikatakan tadi, akun Instagram penipu atau akun fake, akan terlihat biasa saja jika di lihat dari halaman profilnya. Oleh karena itu, Anda perlu lakukan 3 hal ini untuk cek apakah akun tersebut penipu atau bukan.


1. Cek Kolom Komentar

Akun Instagram penipu akan menutup kolom komentar agar tidak ada orang yang bisa berkomentar di setiap unggahan. Hal ini dilakukan agar para pembeli yang sudah tertipu tidak bisa menuliskan ulasan tentang apa yang mereka alami.

Sedangkan akun online shop Instagram yang asli pastinya akan membuka kolom komentar dan berharap ada orang yang bertanya atau membagikan ulasan tentang bagaimana pelayanan selama belanja ke akun tersebut.


2. Cek Halaman Tag Foto

Selanjutnya adalah dengan melihat halaman tag di profil akun tersebut. Jika tidak ada foto apapun yang menandai akun tempat Anda ingin berbelanja, artinya kemungkinan besar akun tersebut adalah penipu.

Karena akun jualan yang asli akan membuka tag di akun mereka. Sehingga para pembeli bisa menandai akun penjual dengan foto produk yang baru mereka terima.


3. Cek Tanggal Pembuatan Akun Instagram

Dalam beberapa kasus yang terjadi, jika akun instagram penipu pastinya identik tidak hanya dilakukan dengan satu akun instagram saja, akan tetapi banyak akun sekaligus. Nah, disinilah terkadang para pemilik akun fake instagram ini, membuat akun ig dengan cara dadakan dan biasanya umur instagram-nya pun cenderung belum lama. Jadi ini penting sekali untuk Anda cek sebelum membeli sebuah produk secara online di instagram, meskipun barang tersebut memang sedang Anda cari-cari dan butuhkan. 

Untuk cara mengecek tanggal bergabung pada akun instagram seseorang, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, masuk ke akun instagram yang Anda curigai tersebut, 
  • Selanjutnya jika sudah masuk ke profil IG nya, maka ketuk ikon titik 3 yang ada dikanan atas layar hp Anda, dan pilih pada "tentang akun ini" (biasanya informasi ini tidak semua akun instagram ada, akan tetapi mengeceknya terlebih dahulu adalah hal baik yang dilakukan). 
  • Setelah Anda masuk ke menu tentang akun instagram, Anda akan dapat langsung melihat informasi mengenai tanggal bergabung dari akun instagram tersebut. 

4. Cek Nama Pengguna Sebelumnya di Instagram yang Dipakai

Selain dari pada poin-poin diatas, hal penting yang harus Anda lihat jika penasaran apakah akun instagram tersebut palsu atau akun penipuan, karena belum menemukan informasi yang valid bahwa akun tersebut memiliki bukti positif dalam bertransaksi, maka bisa cek juga pada nama pengguna yang sebelumnya di pakai di akun instagram tersebut, Jadi jangan hanya melihat hanya dari followers instagram-nya saja yang banyak, tapi ini juga perlu Anda cek. 

Dan untuk mengeceknya langkah-langkahnya sama seperti pada poin ke 3 diatas. Karena ketika sudah masuk dibagian tentang akun, tidak hanya tanggal gabung ke instagram saja yang bisa Anda lihat, akan tetapi informasi lain seperti riwayat perubahan nama pengguna instagram, lokasi akun dan lainnya juga bisa Anda lihat di menu tentang akun ini. 


5. Cek Rekening Pemilik Akun

Cara mengetahui apakah akun Instagram penipu atau tidak yang terakhir adalah dengan cek rekening pemilik akun. Sebelum bertransaksi, cek dulu nomor rekening dari penjual tersebut di situs cekrekening.id. Situs ini dibuat oleh Menkominfo khusus untuk melihat apakah rekening yang Anda periksa itu penipu atau bukan.


Demikianlah cara mengetahui akun Instagram penipu atau tidak. Jangan lupa untuk selalu waspada tiap kali ingin bertransaksi secara online. Cek terlebih dahulu kejanggalan pada akun tersebut jika memang akun instagram tersebut, mencurigakan untuk Anda meskipun sebenarnya memang Anda membutuhkan produk yang ditawarkan. Jadi jangan terburu-buru ya ketika berbelanja online lewat aplikasi instagram, agar pastinya terhindar dari adanya penipuan di instagram.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel