Penyebab Video Call WA Tidak Ada Suara | Kamu Harus Tau !!

Penyebab Video Call WA Tidak Ada Suara by Alfan

Penyebab Video Call WA Tidak Ada Suara – Saat kita melakukan video call atau panggilan video whatsapp terkadang suaranya hilang di whatsap hp android maupun pada iphone. Baik itu suara kita maupun penerima telepon.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Tentu saja tidak ada asap kalau tidak ada api. Jadi jika Anda mengalami hal tersebut pasti ada penyebabnya, apa itu?

Penyebab Video Call WA Tidak Ada Suara

Berikut ini berbagai penyebab mengapa tidak ada suara saat melakukan panggilan video lewat aplikasi WhatsApp :

Banyak Dibaca – Ketika Video Call WA Apakah Terlihat Online

Microphone Rusak

Ini menjadi penyebab utama video call wa tidak ada suara di android maupun iPhone. Jika mic mengalami masalah, maka secara otomatis suara pun juga bermasalah.

Maka dari itu, jika memang ada kerusakan pada bagian mic wajib diperbaiki terlebih dahulu supaya penerima telepon bisa mendengar suara Anda dengan jelas.

Simak Juga : Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Video Call Selalu Menghubungkan 

Tidak Ada Perizinan untuk Beberapa Fitur

Setiap menggunakan aplikasi apapun tak terkecuali whatsapp, memerlukan izin mengakses fitur-fitur tertentu supaya aplikasi whatsapp bisa digunakan secara maksimal.

Supaya bisa menggunakan keseluruhan fitur pada aplikasi whatsapp, diperlukan izin akses ke kamera, mikrofon, contacts, dan storage. Untuk mengatur perizinan ini bisa Anda lakukan melalui settings atau pengaturan.

  • Pertama silakan buka pengaturan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, silakan pilih aplikasi.
  • Pilih aplikasi terinstall
  • Selanjutnya pilih aplikasi whatsapp.
  • Pilih app permissions.
  • Aktifkan izin camera, contacts, microphone, dan storage. Jika Anda ingin memberi informasi lokasi, maka wajib mengaktifkan izin location.

Simak Juga : Cara Screenshot Saat Video Call Whatsapp

 

Masalah Koneksi

Penyebab video call wa tidak ada suara pada iPhone maupun android adalah karena masalah gangguan koneksi internet. Sebagaimana yang diketahui, jika ingin menggunakan aplikasi whatsapp wajib terhubung dengan koneksi internet yang lancar.

Maka dari itu, jika saat video call tidak ada suara atau suaranya kurang jelas maka bisa disebabkan karena koneksi internet yang buruk. Coba beralih tempat yang sinyalnya lebih bagus atau gunakan jaringan wifi.

Dan jangan lupa juga untuk mematikan video call-nya, lalu telpon kembali. Karena kasus seperti ini sering kali terjadi di whatsapp, dan terkadang ada suaranya, akan tetapi terdengar pelan padahal volume suara di hp sudah sampai maksimal. Sehingga untuk yang biasa kami lakukan disaat mengalami hal ini yaitu dengan mematikan vc wa dan menelpon-nya kembali.  

Penting Diketahui : Cara Merekam Panggilan WA Tanpa Diketahui

Itulah dia beberapa penyebab video call WA tidak ada suara beserta solusi mengatasinya. Semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi atas masalah pada aplikasi whatsapp Anda.

Leave a Comment