Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik di WhatsApp

 Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik di WhatsApp by Alfan Am

Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik di WhatsApp - Siapapun tentu tidak ingin namanya dicemarkan oleh orang lain. Sesuatu hal pada dirimu yang semula bagus tiba-tiba menjadi sangat buruk karena masalah pencemaran nama naik.

Jika Anda tidak suka ada orang lain mencemarkan nama baik Anda, Anda bisa menggunakan jalur hukum dengan cara melaporkan pencemaran nama baik ke polisi. Bagaimana caranya? Mari simak konten ini sampai selesai :

 

Cara Melaporkan Pencemaran Nama Baik di WhatsApp

Baca Juga : Cara Menghapus Kontak WA Yang Sudah Diblokir Di iPhone Dan Android

Di zaman sekarang pencemaran nama baik tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, tetapi juga bisa terjadi di dunia digital seperti whatsapp, facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Dan tindak pidana pencemaran nama baik ini sudah diatur di dalam Pasal 310-321 KUHP mengenai Penghinaan.

Selain itu ada juga 27 ayat 1 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jadi jangan pernah ragu melaporkannya kepada pihak yang berwajib.

Seperti inilah cara melaporkan kasus pencemaran nama baik di media sosial :

 

Kumpulkan Bukti dan Saksi

Langkah pertama, silakan kumpulkan bukti-bukti dan saksi terlebih dahulu. Karena lewat whatsapp, maka Anda bisa screenshoot seluruh chat yang berisi penghinaan.

Bagaimana jika lewat telepon? Saya sarankan untuk tidak menghapus riwayat panggilan karena itu bisa menjadi barang bukti yang kuat.

Baca Juga : Jika Status WA Dibisukan Apa Yang Terjadi

 

Datang Ke Kantor Polisi

Kalau semua bukti sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya silakan datang ke kantor polisi terdekat dengan membawa bukti-bukti tersebut.

Dan jika Anda memiliki banyak uang, usahakan menyewa jasa pengacara juga yang nantinya bisa membantu seluruh proses hukum. Pengacara bisa memuluskan laporan Anda sehingga kecil kemungkinan ditolak oleh polisi.

Sesampainya di sana, langsung menuju ke bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk melaporkan tindak pidana. Selanjutnya polisi akan membuatkan surat laporan yang harus Anda tandatangani.

Atau kalau mau lebih cepat, Anda bisa membuat sendiri surat laporannya dan harus ditandatangani. Jika semua proses sudah selesai tinggal menunggu proses selanjutnya hingga ke persidangan.

 

Itulah dia cara lapor pencemaran nama baik ke polisi yang dapat Anda lakukan. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan bukan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel