Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android

Bagaimana cara membuat ringtone di wa atau whatsapp? Buat kalian yang ingin membuat ringtone atau nada dering wa di android dengan menggunakan lagu favorit kalian, maka kalian bisa lakukan dengan cara yang mudah. Karena kita tahu sendiri jika nada dering untuk notifikasi whatsapp biasanya akan menampilkan nada dering atau ringtone dengan nada yang begitu umum sekali terdengar, dan hanya berupa instrumental musik saja.

Sehingga apabila kita menggunakannya sebagai notifikasi whatsapp, maka kurang lebih sebagai pertanda notifikasi saja, dan kurang terdengar ada keunikannya. Dan memang jika kita ketahui sebenarnya kita bisa menambahkan sendiri ringtone untuk nada notifikasi whatsapp tersebut. Dan sudah saya lihat di hp android beberapa teman saya, dengan merk yang berbeda – beda seperti samsung, vivo, oppo, ataupun hp android merek infinix yang saya pakai ini, settingan menambahkan nada dering untuk whatsapp tiap beda merk hp beda pula caranya. Dan supaya kalian tahu caranya, maka bisa membaca artikel saya sebelumnya dengan “klik disini saja“.

Nah, jika kalian berniat mengubah nada dering whatsapp dengan lagu, maka hal itu bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi ringtone maker. Kenapa pakai aplikasi? Karena kalau misalnya kita langsung membuat lagu tersebut, menjadi notifikasi whatsapp dan sedangkan untuk durasi waktu sebuah lagu biasanya lebih dari 4 menit lamanya, maka tentu kurang pas rasanya. Sehingga akan lebih bagusnya jika kita memotong lagu tersebut dan menggunakan bagaian yang kita inginkan untuk dijadikan nada pesan di wa atau whatsapp.

Dan yang pasti, ambilah bagian lagu yang suaranya lebih terdengar sehingga akan memudahkan kita mengenalinya ketika ada pesan yang masuk ke whatsapp kita ataupun panggilan suara di whatsapp kita. Dan bahkan jika kita menambahkan beberapa lagu sebagai notifikasi whatsapp, maka kita bisa mengaturnya di whatsapp dengan nada dering khusus atau tiap kontak whatsapp yang sering kita hubungi memiliki nada notifikasi yang berbeda – beda. Sehingga akan mudah bagi diri kita mengenali siapa pengirim pesan whatsapp tersebut. Dan untuk kalian yang belum tahu cara setting nada notifikasi kontak whatsapp seseorang supaya berbeda maka bisa “baca disini“.

Dan sesuai dengan judul artikel ini, buat kalian yang sudah pengen tahu cara membuat ringtone atau nada dering wa sendiri pakai lagu atau musik favorit, maka silahkan simak langkah – langkahnya berikut ini.

  • Pertama download dan install di hp android kalian aplikasi bernama ringtone maker – buat nada dering gratis, temukan aplikasinya di playstore. Untuk developer aplikasinya sendiri bernama Big Bang Inc.
Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android
  • Setelah itu, kalian buka aplikasinya, dan biasanya pada saat pertama kali membuka akan muncul mengenai perizinan aplikasi. Nah, kalian klik saja izinkan, supaya aplikasinya dapat bekerja dengan baik.
  • Selanjutnya, aplikasi tersebut akan menampilkan lagu – lagu atau musik yang tersimpan di hp kalian, dan disini kalian pilih saja lagu favorit kalian yang ingin dibuat sebagai ringtone untuk whatsapp, klik tanda titik tiga dibagian sebelah kanan lagunya dan klik edit.
Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android
  • Selanjutnya tentukan bagian lagu mana yang ingin kamu jadikan sebagai ringtone whatsapp. Ataupun jika kamu berniat memotong bagian tertentu di lagu atau musiknya bisa menggunakan menu titik tiga dipojok kanan atas, dan disitulah ada opsi untuk cut atau memotong lagu.
Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android
  • Selain dari pada itu, kalian bisa mengatur fade and volume setting sesuai dengan keinginan kalian, dibagian menu yang bersimbol suara atau disebelah tanda titik tiga. 
Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android
  • Dan jika sudah, maka kalian bisa lanjutkan dengan menyimpan hasil ringtone lagu atau musik dan langsung menjadikannya sebagai ringtone default di hp kalian ataupun ingin share ke ke media sosial juga bisa. 
Cara Membuat Ringtone Whatsapp Dengan Lagu Di Android

Dan jika kalian mengaturnya sebagai default ringtone, maka ringtone tersebut akan langsung muncul di opsi atau daftar ringtone di whatsapp kalian. Dan kalian tinggal ubah saja ringtone atau nada deringnya pakai lagu atau ringtone tadi. Kalian klik setelan > notifikasi > nada notifikasi.

  • Oke, selesai.

Demikianlah cara membuat ringtone whatsapp dengan lagu di android. Dan sebetulnya kalian bisa mengeksplor lebih jauh terkait fitur – fitur yang ada di aplikasi ringtone maker, karena memang banyak sekali fiturnya dan berguna sekali dalam pengeditan yang bagus untuk membuat ringtone di android. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir kesini.