Cara Menambah Nada Ringtone Notifikasi Whatsapp Di Android

Bagaimana cara menambahkan nada notifikasi di wa atau ringtone whatsapp? Buat kalian yang sering berkomunikasi melalui aplikasi whatsapp, tentu yang namanya nada dering untuk notifikasi pesan yang masuk ataupun itu panggilan, sangat lah penting untuk kita pakai. Dan memang sih, di whatsapp sendiri sudah ada settingan untuk mengganti nada dering yang digunakan. Sehingga kita tinggal memilih diantara nada dering atau notifikasi yang telah disediakan.

Namun jika kalian menginginkan untuk membuat nada notifikasi dengan memakai ringtones yang berbeda, maka kalian haruslah menambahkan sendiri nada notifikasi untuk whatsapp kalian. Dan bagaimana melakukannya? Nah, dalam hal ini tentu saya rasa berbeda – beda tiap smartphone atau hp android yang digunakan. Mungkin ada beberapa tipe hp yang memang di whatsapp itu sendiri sudah ada langsung fitur menambahkan nada dering notifikasi, dan juga adapula yang memang tidak ada opsi untuk menambahkan nada dering.

Baca Juga :

Padahal akan lebih menarik jika kita dapat menggunakan nada notifikasi sesuai dengan lagu yang kita suka, ataupun menggunakan rekaman suara yang kita buat seperti menggunakan nada panggilan yang merekam nama dari si pengirim pesan ataupun kalian dapat mendownload berbagai suara notifikasi untuk hp android yang unik seperti suara hewan dan lain sebagainya. Atau kalian bisa membuat ringtone atau nada dering whatsapp sendiri menggunakan lagu favorit, “baca caranya disini

Dan bagi kalian yang tidak ada opsi menambah nada notifikasi di whatsapp, atau bahkan ada opsi menambahkan nada dering notifikasi akan tetapi hal itu tidak bisa dilakukan dan selalu gagal pada saat menambahkannya. Seperti pada hp android yang saya gunakan ini yaitu infinix. Dan untuk solusi atau cara mengatasinya yaitu dengan menambahkan nada notifikasinya tidak dengan melalui aplikasi whatsapp nya langsung. Dan berikut ini adalah cara menambah ringtone whatsapp di android yang saya lakukan, dan ternyata berhasil.

  • Pertama – tama kalian siapkan terlebih dahulu ringtone untuk ditambahkan sebagai notifikasi whatsapp, baik itu untuk panggilan suara ataupun notifikasi pesan chatting. 
  • Pada langkah kedua, kalian salin atau pindahkan ringtone atau nada dering – nya. Caranya masuk ke penyimpanan internal > folder android > folder media > folder com.yahoo.mobile.client.android.mail > folder notifications, lalu pastekan atau letakan ringtone tadi ke folder notifications tadi. 
Cara Menambah Nada Ringtone Notifikasi Whatsapp Di Android
  • Dan terakhir, kalian tinggal lihat atau cek ringtone sendiri pada daftar ringtone atau nada dering di whatsapp kalian, maka akan langsung ada ringtone yang ditambahkan barusan. Dan bisa langsung dicoba untuk digunakan sebagai nada notifikasi pesan whatsapp ataupun panggilan di whatsapp.

Cara Menambah Nada Ringtone Notifikasi Whatsapp Di Android

Kenapa saya meletakan ringtone saya sendiri di folder yang berurutan seperti pada langkah kedua?


Alasan atau jawaban dari pada hal itu, karena memang di folder tersebut sebelumnya telah saya cari – cari folder notifikasi di penyimpanan internal hp android, yang isinya kurang lebih adalah kumpulan ringtone atau nada dering yang ada di whatsapp. Sehingga apabila kita menaruh atau meletakan ringtone kita sendiri bersamaan dengan nama ringtone – ringtone yang ada di whatsapp tersebut, maka bisa dipastikan bahwa ringtone yang kita tambahkan tersebut akan tampil juga di nada dering whatsapp tersebut. 
Lalu bagaimana cara menambahkan nada notifikasi di wa jika menggunakan hp lain yang tidak ada opsi menambahkan ringtone seperti pada hp samsung? 


Nah, untuk kalian para pengguna hp android samsung, bisa melakukannya dengan cara yang berbeda, yaitu dengan membuat folder sendiri di memori internal hp samsung tersebut. Dan untuk tahapan caranya silahkan ikuti berikut ini.

  • Jika sudah kalian siapkan ringtone WhatsApp nya, maka kemudian kalian buka pengelola berkas dan menuju ke penyimpanan internal.
  • Setelah itu, klik tanda titik tiga dibagian pojok kanan atas, lalu klik “membuat folder baru“. Dan kalian namai folder tersebut dengan nama “media“.
cara menambah nada notifikasi whatsapp di hp samsung android
  • Selanjutnya buka folder media yang baru kalian buat, dan didalamnya kalian buat 2 folder dengan yang satu kalian namai foldernya sebagai “Notifications” dan yang kedua namai dengan “Ringtones“.
cara menambah ringtone whatsapp di hp samsung
  • Jika sudah, selanjutnya maka kalian menuju ke folder dimana kalian meletakan ringtone yang ingin dijadikan nada dering WhatsApp nya, dan kemudian pindahkan atau salin ringtone tersebut ke folder notification yang tadi kamu buat.
  • Terakhir, kalian tinggal buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke bagian setelan dan lihat pada menu notifikasi WhatsApp. Maka diantara nada notifikasi tersebut akan ada ringtone yang kamu siapkan tadi, dan selesai sudah.

Oke, mungkin itu saja yang dapat kami informasikan terkait cara menambahkan ringtone whatsapp di android hp samsung dan infinix. Dan jika kalian mengggunakan merek hp lain, mungkin bisa coba terlebih dahulu cara diatas, mungkin saja sama dan bekerja dengan baik. Sekian dan terimakasih, semoga berhasil.