Cara Menghilangkan Enkripsi End to End WhatsApp

Beberapa dari Anda mungkin banyak yang penasaran dengan bagaimana cara menghilangkan enkripsi end to end WhatsApp. Atau bahkan ada yang tidak tahu sama sekali mengenai fitur keamanan end to end dalam aplikasi pesan online dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia ini.

Jadi sebenarnya, apa sih enkripsi end to end itu? Apakah fitur ini sangat penting? Dan apakah ada cara menonaktifkan fitur ini di WhatsApp secara manual? Mari kita cari jawabannya bersama dalam artikel berikut ini.

Cara Menghilangkan Enkripsi End to End WhatsApp

 

Apa Itu Enkripsi End to End?

Seperti yang sudah disinggung tadi, enkripsi end to end merupakan sebuah fitur keamanan yang disediakan oleh WhatsApp dan akan selalu aktif secara otomatis. Fitur ini digunakan untuk menjaga kerahasiaan seluruh pesan yang Anda dan semua pengguna WhatsApp kirim maupun terima.

Sederhananya, enkripsi end to end di whatsapp bekerja dengan cara melindungi setiap pesan yang dikirim sentuhan pihak ketiga. Artinya, pesan yang dikirim dari perangkat Anda hanya bisa dilihat oleh perangkat penerima. Tidak ada perangkat milik orang lain diluar yang bisa melihat pesan tersebut.

Meskipun perlu diakui, enkripsi end to end masih sangat rawan untuk terjadi kebocoran data, namun faktanya banyak pengguna WhatsApp yang tetap setuju dengan fitur keamanan ini.

Menarik Disimak :

Apakah Ada Cara Menghilangkan Enkripsi End to End WhatsApp?

Karena end to end merupakan fitur keamanan yang disediakan secara permanen oleh WhatsApp, maka fitur ini akan selalu aktif selama 24 jam. Baik ketika Anda sedang chat dengan kontak maupun ketika akun WhatsApp Anda sedang tidak aktif.

Lalu, apakah ada cara mematikan end to end WhatsApp? Jawabannya, tidak ada. Fitur end to end akan selalu diaktifkan oleh WhatsApp mau ataupun tidak mau. Justru jika dimatikan, privasi Anda akan terancam dan bisa dilihat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Jadi kesimpulannya, tidak ada cara menghilangkan enkripsi end to end di WA. Bahkan aplikasi WhatsApp mod sekalipun tidak bisa menghilangkannya. Dan kalaupun bisa dihilangkan, Anda tidak akan mendapat keuntungan apa-apa.