Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung pada WhatsApp

Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung pada WhatsApp – WhatsApp Messenger merupakan aplikasi perpesanan online yang cukup populer dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Karena faktanya, hampir seluruh warga Indonesia menggunakan aplikasi perpesanan ini dalam berkomunikasi jarak jauh.
Selain untuk berkomunikasi jarak jauh, aplikasi WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal dengan fitur yang telah disediakan, yang diantaranya yakni status whatsapp. Dimana pada status whatsapp ini pengguna dapat memposting story atau cerita tentang kesehariannya dalam bentuk foto, teks ataupun video pun juga bisa.
Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung pada WhatsApp
Karena jika soal kirim mengirim pesan di whatsapp baik itu yang berupa teks, file foto, file video ataupun mengirim file penting ternyata bisa dilampirkan di whatsapp untuk dikirimkan ke orang lain. Jadi sangat membantu sekali bukan? Dan bahkan Tidak sedikit pula orang yang sering mengirim sebuah file dengan mengandalkan aplikasi WhatsApp ini untuk berbagai kepentingannya.
Mengirim berbagai macam file dan dokumen melalui WhatsApp memang sering sekali kita lakukan. Namun, tahukah kalian jika tidak semua format file yang kalian kirim adalah format file yang didukung oleh aplikasi WhatsApp.
Baca Juga :
Mengapa Format File Tidak Didukung Oleh WhatsApp?
Mungkin sebagian dari kalian juga sering bertanya-tanya mengenai penyebab format file tidak didukung di wa. Karena meskipun pihak WhatsApp telah melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Namun, pastinya diantara kalian masih saja menemukan berbagai kendala dalam mengirim format file tertentu. Nah, biasanya format file yang tidak mendukung di WhatsApp merupakan file khusus atau file bawaan dari sebuah aplikasi atau game tertentu.
Nah, jika file tidak didukung dalam WhatsApp, kalian membutuhkan aplikasi tambahan untuk mengatasinya. Lalu aplikasi apa yang bisa kita pakai untuk mengatasinya? Tanpa basa-basi lagi, langsung saja menuju ke pembahasannya yuk!
Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp
  • Pertama-tama, download atau instal aplikasi ZArchiver di google playstore terlebih dahulu. Nah, bagi kalian yang memiliki kuota terbatas atau penyimpanan yang terbatas, maka jangan khawatir, karena ukuran aplikasi ZArchiver tergolong kecil, yakni 4,3 MB saja. Sehingga untuk mendownload aplikasi ini tidak menggunakan banyak kuota, dan tentunya bisa ditampung penyimpanan.
Cara Mengatasi Format File Tidak Didukung di WhatsApp
  • Jika kalian sudah mendownload atau menginstal aplikasi ZArchiver, maka langsung buka saja aplikasinya. Nah, bagi kalian yang belum tahu, fungsi dari aplikasi ZArchiver hampir sama seperti aplikasi WinRAR, yaitu mengkompres sebuah file.
  • Apabila kalian sudah membuka aplikasi ZArchiver, maka langkah selanjutnya adalah mencari folder atau file yang akan kalian kirim.
  • Jika kalian sudah menemukan file yang akan dikirim, maka kalian klik saja file tersebut.
  • Nantinya akan muncul 3 pilihan, diantaranya ada kompres Zip, kompres 7z, dan buka. Nah, supaya file tersebut bisa dikirim via WhatsApp, maka kalian harus mengkompresnya ke format Zip terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, kalian bisa langsung kirim file berformat Zip tersebut ke WhatsApp orang lain. Dengan demikian, kalian tidak perlu khawatir lagi apabila ingin mengirim file dengan format aneh via WhatsApp.
Oke, cukup sekian dulu untuk artikel kali ini. Semoga penjelasan diatas mengenai cara mengatasi format file tidak didukung pada WA atau whatsapp saat ingin kirim pesan ke orang lain dapat dengan mudah kalian pahami, dan jika dirasa artikelnya menarik dan bermanfaat kalian boleh share artikel ini ke akun media sosial kalian.