Cara Mengatasi Pengunduhan Tidak Dapat Diselesaikan Di Whatsapp

Pengunduhan Tidak Dapat Diselesaikan Di Whatsapp

Cara Mengatasi Pengunduhan Tidak Dapat Diselesaikan Di Whatsapp By Alfan Am

Cara mengatasi pengunduhan tidak dapat diselesaikan di whatsapp – Penggunaan whatsapp tidak hanya kita gunakan hanya untuk sekedar chatting belaka, namun di whataspp sendiri kita bisa saling kirim file baik itu berupa media yang meliputi foto, video, audio, atau voice note whatsapp, dan bahkan juga kita bisa mengirimkan dokumen baik itu file pdf, docx dan lain sebagainya. 

Diantara file yang dikirimkan melalui whatsapp apabila memang file yang memiliki ukuran yang lebih besar yaitu cenderung pada file berbentuk video, audio ataupun foto. Sehingga karena size atau ukuran mb nya itu besar, tentu akan memiliki resiko kegagalan pada saat mengirimkan file tersebut akan lebih besar. 

Dan ketika saatnya proses pengunduhan itu gagal lalu muncul tulisan bahwa pengunduhan tidak dapat diselesaikan di wa ataupun tidak dapat mengunduh. silahkan minta untuk dikirim ulang, maka mau tak mau anda harus mengulangi kembali proses pengunduhan file tadi. Dan apabila anda telah berulangkali mengalami kegagalan mengunduh file yang dikirim oleh teman atau orang lain lewat whatsapp ini, maka ada beberapa hal penyebab kenapa pengunduhan tidak dapat diselesaikan. 

Pada kesempatan kali ini wafbig.com akan memaparkan beberapa penyebab pengunduhan tidak dapat diselesaikan whatsapp atau wa tidak bisa unduh gambar dan video yang sering terjadi beserta kiat-kiat apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi wa pengunduhan tidak dapat diselesaikan yang demikian itu.

Penting Diketahui !! Cara Mengatasi Whatsapp Tidak Bisa Download Gambar Atau Foto

 

1. Ruang Penyimpanan Penuh

Ketika melakukan pengunduhan file di whatsapp, maka file tersebut secara default akan tersimpan pada memori perangkat atau penyimpanan internal di hp kita. Oleh karenanya penting sekali bagi kita untuk mengecek apakah ruang penyimpanan di hp kita memadai ataukah tidak. 

Karena apabila tidak dapat mengunduh karena tidak ada penyimpanan internal ini, yaitu tidak hanya akan terjadi pada aplikasi whatsapp saja yang akan mengalami kegagalan melakukan pengunduhan file, akan tetapi pada saat mendownload file dari menggunakan browser pun hal itu juga tidak dapat dilakukan. 

Sehingga untuk mengatasi hal ini yaitu anda terlebih dahulu mengecek, jika file yang diunduh berupa video apakah masih mencukupi atau tidak dengan ukuran file video tersebut. Dan ketika tidak mencukupi harap kosongkan ruang untuk file tersebut, supaya dapat tersimpan di galeri hp anda. 

Ketahui Juga : Cara Menghapus Foto Di WA Yang Tidak Ada Di Galeri

2. Periksa Koneksi Internet 

Jika anda menggunakan koneksi internet yang unlimited dan sudah mencapai batas pemakaian wajar, maka biasanya kecepatan saat mendonwload atau internetan akan berkurang dan menjadi lemot. Hal ini bisa menjadi penyebab mengapa whatsapp mengalami kegagalan pengunduhan file. 

Selain dari pada hal itu untuk mengatasi dengan cara yang paling sederhana-nya anda dapat menghidupkan mode pesawat lalu setelah beberapa saat mencoba untuk mematikannya ulang. Hal ini dilakukan sebagai tujuan untuk merefresh jaringan seluler yang ada pada ponsel anda. 

Baca Juga : Cara Membuka File Docx di WhatsApp Android

3. Mode Hemat Baterai

Pada saat mode hemat baterai di terapkan, tentu secara otomatis akan mengurangi aktivitas di latar belakang. Dan biasanya pada saat mode hemat ini aktif akan mencekal penggunaan data seluler untuk aplikasi whatsapp yang harusnya dapat berjalan di latar belakang. 

Sehingga demikian pada proses pengunduhan file berlangsung, anda hanya perlu standby pada aplikasi whatsapp-nya, dan menunggu proses download selesai. Karena ketika menutup aplikasi whatsapp-nya dan beralih ke aplikasi lainnya biasanya tindakan ini akan terputus bila mana menggunakan mode hemat daya di perangkat yang digunakan. 

Solusinya yaitu bisa matikan saja mode hemat baterai ataupun dengan menunggu file unduhan di whatsapp selesai, barulah menutup aplikasinya. 

Simak Juga : Cara Menyimpan Stiker Di Whatsapp (WA) Ke Galeri Hp Android

4. Restart Perangkat 

Apabila semua sudah anda lakukan namun tetap saja muncul notifikasi pengunduhan tidak dapat diselesaikan di whatsapp, maka anda bisa restart perangkat yang anda gunakan. Baik itu dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan ulang manual pada hp android ataupun iPhone anda, atau langsung dengan restart saja. 

Dengan cara restart inilah yang akan dapat menyegarkan kembali kinerja dari perangkat yang anda gunakan. Aplikasi-aplikasi yang selalu aktif dan mengalami error karena terlalu lama tidak dimatikan, maka bisa menjadi penyebab aplikasi tersebut tidak berjalan semestinya, termaasuk juga untuk aplikasi whatsapp anda. 

Nah, jadi itulah beberapa cara yang akan membantu anda mengatasi pengunduhan tidak dapat diselesaikan di whatsapp yang sedang anda alami. Jika anda mengetahui ada cara lain yang lebih ampuh untuk memperbaikinya, maka bisa anda tambahkan sendiri lewat kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Baca Juga : Cara Menyimpan Voice Note Dari WA Ke Musik MP3 Di Android